info@teknikunwar.ac.id (0361) 234697

MAHASISWA DAN LULUSAN

1. Sistem Rekrutmen dan Seleksi Calon Mahasiswa

Untuk sistem rekrutmen dan seleksi mahasiswa di PS Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Warmadewa dilaksanakan secara terpusat di level Universitas Warmadewa. Dibentuk panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Warmadewa yang melibatkan dosen – dosen dari masing – masing Fakultas yang ada di Universitas Warmadewa dan karyawan di tingkat Universitas.

Untuk pendaftaran awal calon mahasiswa sudah sangat dimudahkan dengan pola pendaftaran online melalui www.warmadewa.ac.id/sipenmaru yang bisa diakses dimana saja dan untuk pembayaran sudah bekerjasama dengan Bank BPD Bali. Selain itu di Gedung Rektorat setiap harinya juga ada petugas yang siap membantu selama masa pendaftaran awal sehingga calon mahasiswa tidak perlu bingung.

Pelaksanaan masa penerimaan mahasiswa baru ini dijadwalkan secara rutin setiap tahun ajaran baru dalam 2 gelombang penerimaan. Setiap tahun diterbitkan Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Warmadewa yang dijadikan acuan pelaksanaan penerimaan mahasiswa tersebut. Untuk tahun Akademik 2017/2018 panduan ini diterbitkan oleh Warmadewa University Press dengan No Seri Dokumen Akademik No. SDA/01-16) berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Warmadewa No.301/Unwar/PD-02/2017. Gelombang penerimaan 1 biasanya berlangsung pada rentang Februari – April dan Gelombang penerimaan 2 pada Mei – Juni setiap tahunnya.

Sistem seleksi dengan Ujian Tulis Masuk Perguruan Tinggi (UMPT) yang dilakukan serentak dengan PS lain di lingkungan universitas dan dibagi menjadi 2 kelompok Mata Ujian yaitu Kelompok IPA dan Kelompok IPS. Untuk kelompok IPA teridir dari Kemampuan kuantitatif Matematika Dasar, Kemampuan Verbal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan kemampuan IPA (Biologi, Fisika, Kimia dan IPA terpadu) sedangkan kelompok IPS terdiri dari kemampuan kuantitatif Matematika Dasar, Kemampuan verbal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan kemampuan IPS (Sejarah, Geografi, Ekonomi, dan IPS terpadu). Setelah llulus seleksi, calon mahasiswa diminta untuk mengambil Surat Keterangan Diterima (SKD) di bagian pendaftaran yang digunakan untuk administrasi selanjutnya.

Selain menerima mahasiswa fresh graduate dari SMU/SMK, PS juga menerima mahasiswa transfer atau studi lanjut dari program diploma. Untuk mahasiswa transfer dari Universitas lain dengan syarat dari universitas yang terakreditasi minimal B, dengan masa studi di institusi tersebut tidak lebih dari 5 tahun (10 semester) dan IPK terakhir minimal 2,5. Metode rekrutmen lain adalah dengan dengan Penelusuran Minat Bakat dan Kemampuan (PMDK) bagi mahasiswa berprestasi baik di bidang Seni maupun olahraga dengan menyertakan bukti prestasi yang diraih sebelumnya.

Tahun

 

Jumlah Pendaftaran

Jumlah Penerimaan

 

Persentase

Akademik

 

Mahasiswa (orang)

mahasiswa (orang)

 

Penerimaan(%)

 

 

 

 

 

 

2013/2014

141

109

77,30%

 

 

 

 

 

 

2014/2015

372

147

39,52%

 

 

 

 

 

 

2015/2016

358

157

43,85%

 

 

 

 

 

 

2016/2017

430

180

41,86%

 

 

 

 

 

 

2017/2018

398

200

50,25%

 

 

 

 

 

 

TOTAL

1699

793

 

 

 

 

 

 

 

 

RATA -RATA

339,8

158,6

51%

 

 

 

 

 

 

Dilihat dari perkembangan jumlah mahasiswa baru dari tahun ketahun di 5 tahun terakhir ini dapat dilihat kecenderungan peningkatan jumlah mahasiswa baru di Program Studi Arsitektur. Peningkatan ini terjadi karena semakin luasnya jangkauan sosialisasi keberadaan PS melalui promosi – promosi ke berbagai sekolah baik di propinsi Bali maupun ke Indonesia Timur melalui program Warmadewa Goes To Kupang salahsatunya. Beberapa mahasiswa maupun alumni yang berasal dari daerah tujuan juga seringkali dititipkan brosur atau poster untuk disebarluaskan di daerah mereka.

Peran sosial media juga tidak kalah pentingnya dalam menyebarluaskan keberadaan PS baik fasilitas maupun keunggulannya. Adanya web fakultas Teknik dan akun sosial media yang secara aktif membagikan kegiatan – kegiatan serta prestasi yang diperoleh menjadi pemikat tersendiri bagi calon mahasiswa.

Ketersediaan beasiswa juga menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa. Beberapa beasiswa yang tersedia adalah dari Kemenristekdikti, dari beberapa Bank seperti BPD Bali, BNI 46, Bank Mandiri, dari Yayasan Kesejahteraan KORPRI Bali selaku Badan Penyelenggara disediakan subsidi pembiayaan bagi putra – putri karyawan Yayasan, PNS dan pengurus Lembaga adat.

2. Profil Mahasiswa : Akademik, Sosio-ekonomi, Pribadi (termasuk kemandirian dan kreatifitas)

Profil mahasiswa PS Arsitektur jika dilihat dari asal sekolah bisa dibedakan menjadi mahasiswa baru yang berasal dari Lulusan SMA dan Lulusan SMK khususnya dari jurusan rancang bangun atau rekayasa bangunan. Sedangkan dari daerah asal, profil mahasiswa cukup beragam. Adapun daerah asalnya lebih dari 7 propinsi yang ada di Republik Indonesia. Mahasiswa masih didominasi oleh mahasiswa yang berasal dari Propinsi Bali, kemudian disusul oleh mahasiswa yang berasal dari propinsi Nusa Tenggara Timur (Kupang, Flores, Sumba, Soe dll), dari propinsi Nusa Tenggara Barat (Mataram), dan ada sebagian kecil mahasiswa dari propinsi Jawa Timur (Banyuwangi, Malang dan Surabaya), Jawa Tengah (Semarang dan Yogyakarta), Propinsi Irian Jaya, DKI Jakarta, Sulawesi Tengah (Palu), Sulawesi Selatan (Toraja), Sulawesi Barat (Mamuju Tengah) dan Kalimantan Selatan. Selain itu juga ada mahasiswa yang berasal dari Negara Timor Leste. Data ini secara detail dapat diakses dari Sim-siswa (Sistem Informasi Kemahasiswaan Universitas Warmadewa).

Dari latar belakang pekerjaan orang tua cukup beragam dari petani, guru, wiraswasta, PNS, Dosen dan lain – lain yang menggambarkan keragaman latar belakang ekonomi dari mahasiswa yang dimaksud. Dari agama yang dianut, kelompok mahasiswa berasal seluruh agama yang diakui pemerintah walau masih dominan yang beragama Hindu. Profil mahasiswa ini mengindikasikan sudah dikenalnya PS dan Universitas Warmadewa pada umumnya di wilayah Indonesia khususnya Indonesia Timur dan menjadi pertimbangan dalam pelaksanaan proses pembelajaran serta potensi yang besar dalam pengembangan institusi kedepannya.

Untuk tingkat kreatifitas mahasiswa di PS mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Dari sisi kegiatan organisasi mahasiswa, jenis kegiatan UKM yang diikuti sangat beragam dan salah satu yang sangat berprestasi adalah UKM Marching Band yang memperoleh Juara 1 tingkat internasional untuk Kompetensi Marching Band. Untuk prestasi mahasiswa juga secara signifikan meningkat ke level internasional dengan pencapaian Juara I Guangdong-Hong Kong-Macao International College Construction Competition and TianHua Bamboo Structure Design Division (Lihat Borang 3A Tabel 3. 3)

3. Keterlibatan Mahasiswa dalam berbagai Komisi yang relevan

Dalam kegiatan intrakurikuler mahasiswa terlibat aktif dalam kegiatan mimbar akademik seperti pameran karya hasil Studio Desain Arsitektur di kegiatan Warmadewa Architecture week, diskusi ilmiah, kuliah tamu dan kuliah lapangan yang diselenggarakan oleh PS maupun Fakultas. Mahasiswa juga berperan aktif dalam organisasi mahasiswa baik dari level Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas dan BEM Fakultas Teknik, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Himpunan Mahasiswa Jurusan Arsitektur (HMA).

Keterlibatan mahasiswa di lingkup nasional, mahasiswa berperan aktif dalam Temu Karya Ilmiah Mahasiswa Arsitektur Indonesia (TKI-MAI) yang rutin diikuti setiap tahunnya sejak 2014 dan aktif sebagai pengurus Badan Perwakilan Rayon (BPR) VI Propinsi Bali Mahasiswa Arsitektur Indonesia. Capaian terakhir adalah mahasiswa PS terpilih sebagai Ketua BPR VI atas nama Made Yoga Uthama di tahun 2019.

Motivasi mahasiswa untuk mengikuti lomba – lomba desain atau sayembara arsitektur juga cukup tinggi beberapa tahun terakhir bahkan sudah beberapa kali memperoleh juara untuk sayembara tingkat nasional. Mahasiswa juga seringkali membantu Ikatan Arsitek Indonesia dalam penyelenggaran kegiatan rutinnya seperti Program Pengembangan Profesi Berkelanjutan yang membutuhkan tenaga mahasiswa untuk persiapan perlaksanaan kegiatan. Bahkan di internal kampus, mahasiswa juga berperan aktif dalam penyelenggaraan diskusi ilmiah, pameran – pameran baik didalam maupun diluar kampus.

4. Kegiatan Ekstra-kurikuler

Untuk kegiatan ekstrakurikuler, Universitas Warmadewa memiliki kewajiban untuk mengembangkan dan memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa. Sebagai mahasiswa memiliki kewajiban untuk memenuhi nilai kredit kegiatan ekstrakurikuler yang disebut : Satuan Kredit Kegiatan Ekstrakurikuler (SKKE) yang diatur dalam Panduan Satuan Kredit Kegiatan Ekstrakurikuler (SKKE) berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Warmadewa No. 2816/Unwar/KM-02/2017. Dimana nilai SKKE minimal yang harus dimiliki adalah 500 SKK yang diperoleh dari Kegiatan Wajib Institusi, Kegiatan Penalaran dan Keilmuan, kegiatan Minat, Bakat dan kerohanian, Kegiatan Organisasi dan kepemimpinan.

Bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang ada di Universitas Warmadewa beragam dan bahkan ada yang sudah mencapai prestasi level internasional (Marching Band Warmadewa). Kegiatan tersbut antara lain : Mapala, Marching Band, Korps Sukarela PMI, Kesenian (Seni Tari, Paduan Suara, Vokal Grup), Olahraga (Basket, Bola Voli, Kempo, Sepak bola, Futsal, dll) dan Resimen Mahasiswa (Menwa).

5. Keberlanjutan penerimaan mahasiswa (Minat calon mahasiswa dan kebutuhan akan lulusan Program Studi)

Dilihat dari Tabel 2 di Poin 1 diatas, peningkatan jumlah mahasiswa terjadi dari Tahun ketahun yang menunjukkan peningkatan animo masyarakat terhadap institusi semakin meningkat. Kebutuhan akan lulusan Arsitektur juga sangat tinggi di pangsa kerja dimana terbukti dari serapan lulusan yang sangat tinggi sehingga tidak ada yang menganggur setelah wisuda. Ini juga dipengaruhi oleh kompetensi mahasiswa yang diarahkan pada Arsitektur Pariwisata yang sangat sesuai dengan kebutuhan pengembangan akomodasi wisata di Bali.

Untuk memastikan keberlanjutan penerimaan mahasiswa di PS Arsitektur, secara konsisten dilaksanakan promosi institusi baik yang dimotori oleh Tim Promosi Universitas Warmadewa maupun Tim Promosi Fakultas Teknik yang didalamnya mencakup PS Arsitektur. Promosi dilakukan secara bertahap dari TW IV (Oktober – Desember ) dan Triwulan I (Januari – Maret) setiap tahunnya. Adapun upaya yang dilakukan sebagai berikut

  • (1). Penyebarluasan poster, leaflet secara rutin dan konsisten setiap tahun, (2). Sosialisasi keunggulan PS baik secara langsung dengan kunjungan, melalui web Fakultas Teknik maupun secara konsisten di media sosial yang lebih mudah diakses oleh masyarakat, (3). Pemanfaatan media massa baik koran maupun televisi untuk menyebarluaskan hasil – hasil kinerja dosen, kegiatan – kegaiatan yang dilakukan sehingga mampu menarik minat calon mahasiswa.

Kebutuhan akan lulusan dapat dipastikan masih selalu dibutuhkan dan ada pangsa kerja yang jelas. Dari hasil studi pelacakan, secara umum tidak ada untuk 3 tahun terakhir tidak ada lulusan PS yang menganggur dan masa tunggu perolehan pekerjaan mayoritas ada dibawah 3 bulan tepatnya di posisi 1,5 bulan .

6. Pelayanan untuk Mahasiswa

Pelayanan untuk mahasiswa merupakan hal yang menjadi komitmen civitas akademika di lingkungan PS. Adapun jenis – jenis pelayanan untuk mahasiswa meliputi :

a. Bimbingan dan Konseling

Untuk bimbingan yang bersifat akademik, pelayanan mahasiswa mencakup konsultasi perencanaan perkuliahan dengan Dosen Pembimbing Akademik, Bimbingan Tugas Mata Kuliah, Bimbingan Praktek Kerja Lapangan, Seminar Proposal dan Tuags AKhir. Pelayanan bimbingan lainnya meliputi pembimbingaan untuk penyusunan Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dan pendampingan untuk tim lomba desain.

Untuk pelayanan konseling, melalui kerjasama dengan PS Kedokteran FKIK Universitas Warmadewa, mahasiswa yang membutuhkan pelayanan konseling dibantu oleh bagian psikiatri PS Kedokteran dan melalui rekomendasi dari Pembimbing Akademik masing - masing. Pelaksanaan konseling ini dilaksanakan berdasarkan Kerjasama Operasional antara PS dengan Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan dengan No. 089/UW-FT/PD-02/I/2017 – No. 1321/UNWAR/FKIK/IX/2018.

b.  Informasi dan Bimbingan Karier

Untuk kebutuhan informasi dan bimbingan karier juga menjadi bagian dari pelayanan mahasiswa. Untuk kebutuhan informasi lowongan kerja misalnya secara insidentil disampaikan ke mahasiswa melalui sosial media atau website, informasi tentang lowongan untuk lulusan PS yang biasanya datang dari stakeholder atau jejaring alumni maupun masyarakat umum pemilik konsultan atau kontraktor yang menyampaikan ke pimpinan PS atau dosen. Sedangkan untuk bimbingan karier, di tingkat universitas sudah dibentuk sebuah badan Pusat Bimbingan Karier yang merupakan wadah untuk menghubungkan antara pemberi kerja dengan pencari kerja khususnya dari lulusan Universitas Warmadewa.

c.  Pengembangan Minat dan Bakat

Untuk pengembangan minat dan bakat mahasiswa sudah diwadahi melalui kegiatan – kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UNITAS) Universitas Warmadewa yang mewadahi berbagai kegiatan seni dan olahraga. Selain itu, mahasiswa juga difasilitasi dalam kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang mengunjungi proyek – proyek di luar Bali khususnya High Rise Building untuk membuka wawasan akan perkembangan dunia kerja. Bakat di bidang Musik dan pelestarian budaya juga menjadi hal yang difasilitasi dengan adanya pertunjukan – pertunjukan dari mahasiswa sendiri dalam kegiatan – kegiatan seperti Warmadewa Architecture Week yang diadakan sejak 2017.

d. Pembinaan Soft skill

Pembinaan soft skill mahasiswa difasilitasi dengan adanya Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA) Sananata Dharma sebagai wadah organisasi mahasiswa di tingkat PS dan Badan Pengurus Rayon (BPR) VI untuk wadah organisasi mahasiswa Arsitektur Indonesia di tingkat Rayon. Dengan keterlibatan di organisasi ini mahasiswa diasah untuk menjadi bagian dari sebuah tim dan bekerjasama untuk tujuan yang sama. Pameran – pameran diluar kampus seperti Pameran DTiK yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kotamadya Denpasar dan Pameran Indobuilttech juga menjadi ajang mahasiswa mengasah kemampuan berinteraksi dengan masyarakat umum dan membawa serta nama institusi didalamnya.

e. Beasiswa

Adanya penyediaan beasiswa seperti Beasiswa Bidikmisi, PPA, BBP-PPA, Penalaran Keilmuan Minat Kegemaran dan Organisasi, Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, PNS/TNI, POLRI, dan lain-lain bagi mahasiswa sebagai sarana untuk membantu mahasiswa dalam pembiayaan perkuliahan.

f. Pelayanan Kesehatan

Untuk layanan kesehatan bagi mahasiswa di Universitas Warmadewa mendapat asuransi kecelakaan yang kartu asuransinya menggunakan kartu mahasiswa. Fasilitas Poliklinik Universitas dan Mobil Ambulans juga disediakan dengan bantuan dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Pengecekan kesehatan umum di poliklinik Universitas untuk mahasiswa tidak dikenakan biaya. Dengan adanya layanan kesehatan ini, mahasiswa mendapat jaminan rasa aman dalam melaksanakan kegiatan dikampus dan mendapat pelayanan kesehatan umum secara lebih mudah.

7. Kompetensi dan Etika Lulusan yang diharapkan

Kurikulum yang diterapkan di PS Arsitektur dalam kurun waktu 2013 – 2018 ada 2 kurikulum yaitu Kurikulum 2011 yang merupakan Kurkulum KBK dan Kurikulum 2016 yang merupakan Kurikulum Perguruan Tinggi yang menyesuaikan dengan KKNI. Kompetensi yang diharapkan dalam kurikulum ini mengacu pada Permen No. 49/2014 tentang tingkat kedalaman dan keluasan materi pembelajaran maka Lulusan program Sarjana (Level 6) paling sedikit menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan bidang tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan dan keterampilan tersebut secara mendalam. Adapun kata kunci profil lulusan di bidang Arsitektur adalah Sarjana yang mampu menyajikan gagasan arsitektural di tingkat konsepsual dan menguasai ilmu arsitektur secara umum. Dari proses tracer study, serapan di dunia kerja, evaluasi diri dan SWOT, lulusan Program Studi Arsitektur di Fakultas Teknik Universitas Warmadewa lebih mengarah pada profil sebagai Arsitek/ Desainer walau tidak menutup kemungkinan lulusan kami berperan di bidang profil lulusan yang lain seperti Peneliti/akademisi, Birokrat dan Kontraktor.

Karakteristik Kurikulum yang mengacu pada Visi Universitas, fakultas dan PS yaitu Lingkungan kepariwisataan diterjemahkan kedalam Kurikulum PS dengan ciri khas Arsitektur Pariwisata (Hospitality Architecture).beberapa pendekatan implementasi ciri khas ini adalah dalam pilihan topik tugas pada mata kuliah Inti yang diarahkan pada perancangan akomodasi wisata dan terkait wisata serta adanya mata kuliah Arsitektur Pariwisata yang membahas secara lebih spesifik.

Untuk etika lulusan yang diharapkan mengacu pada KKNI khususnya pada poin sikap profesi dan tata Nilai, mahasiswa diharapkan bertakwa pada Tuhan yang Maha Esa, menunjung nilai kemanusiaan, berperan aktif dalam masyarakat, taat hukum dan disiplin, pemahaman literasi yang baik, memahami etika dunia kerja di bidang arsitektur. Pada kurikulum pemahaman umum tentang hal ini masuk menjadi substansi mata Kuliah umum seperti : Agama, Kewarganegaraan, Pancasila, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Sedangkan etika dunia kerja dan entrepreneurship dimasukkan dalam substansi Mata Kuliah Etika Profesi.

Tatanan nilai yang sangat erat dengan Universitas Warmadewa adalah landasan Spirit Sri Ksari Warmadewa yang menrupakan Raja Kerajaan Bali dinasti Warmadewa dengan prinsip – prinsip keteladanannya yang disebut Sapta bayu dan terdiri dari :

  1. Berketuhanan Yang Maha Esa
  2. Mengembangkan jiwa kepemimpinan Asta Brata
  3. Mengabdi kepada Almamater, masyarakat, Bangsa dan Negara berdasarkan Pancasila
  4. Unggul dalam berkarya
  5. Menjunjung kejujuran dan intergritas diri dalam berpikir, berkata dan bertindak
  6. Menjaga dan menghormati keberagaman untuk memperkuat persatuan dan kesatuan
  7. Berwawasan lingkungan berlandaskan Tri Hita Karana.

8. Hasil Pembelajaran

Identifikasi hasil pembelajaran ini diperoleh dari data hasil studi pelacakan lulusan yang kemudian diolah dan dianalisa sesuai kebutuhan perencanaan dan pengembangan institusi. Beberapa hasil pembelajaran antara lain :

a. Kompetensi yang dicapai dibanding dengan yang diharapkan

Kompetensi mahasiswa dan lulusan PS sudah sangat sesuai dengan yang diharapkan. Profil mahasiswa yang direncanakan dalam kurikulum diarahkan pada profil sebagai perencana dan tidak menutup kemungkinan lulusan menjadi kontraktor, akademisi dan birokrat. Dari lulusan, alumni dari PS terserap panngsa kerja. Secara sistematis, kurikulum dan proses akademik diarahkan pada profil lulusan yang dimaksud dan tetap mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDIKTI) level 6.

Untuk prestasi mahasiswa baik di level nasional maupun internasional juga sudah dimana memenuhi target target tertinggi salahsatunya adalah pencapaian prestasi internasional 1 buah di tahun 2018 tercapai dengan perolehan Juara 1 dan 2 di 2018 Guangdong-HongKong-Macao International College Construction Competition and TianHua Bamboo Structure Design Division.

b. Kesesuaian kompetensi yang dicapai dengan tuntutan dan kebutuhan pemanfaat lulusan

Dalam penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) PS Tahun 2016, salah satu tahapannya adalah menerima masukan dari stakeholder pengguna alumni dan ikatan  alumni (KABATEK) baik secara informal maupun formal melalui kuisioner atau pertemuan langsung. Kebutuhan pengguna lulusan dalam hal ini adalah tenaga perancang arsitektur yang memiliki pemahaman yang baik terhadap pendekatan dan tahapan desain yang disertai pemahaman struktur konstruksi serta keragaman bahan bangunan yang memadai. Kebutuhan ini kemudian difasilitasi dengan adanya pengembangan jenis mata kuliah termasuk mata kuliah baru Konstruksi Bangunan dan Bahan Bangunan untuk mengatasi permasalahan kebutuhan pangsa kerja ini. Mata kuliah inti adalah mata kuliah keahlian khusus yaitu mata kuliah Desain Arsitektur 1 – 6 yang sesuai dengan profil lulusan yang diharapkan yaitu sebagai Arsitek atau Perancang Arsitektur

Setelah berlakunya Kurikulum 2016, mahasiswa diarahkan memiliki kompetensi sesuai kebutuhan pengguna lulusan. Keterkaitan antara Profil lulusan yang diharapkan sudah diakomodasi dalam kurikulum dan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai arsitek/perancang. Capaian prestasi mahasiswa di sayembara desain juga menunjukkan target kompetensi yang dituju menuju pada kompetensi sebagai arsitek.

c. Data tentang kemajuan, keberhasilan, dan kurun waktu penyelesaian studi mahasiswa (termasuk IPK dan Yudisium Lulusan)

 

mahasiswa (termasuk IPK dan Yudisium Lulusan) Mengacu pada target pengembangan di PS pada Renstra PS 2016 – 2020 dan diambil hanya capaian yang terkait dengan tujuan meningkatkan kualitas lulusan sebagai berikut :

Indikator

Base

2016

2017

 

 

2018

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

line

 

Taget

Capaian

 

Target

 

Capaian

 

Target

Capaian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Masa Studi

50%

60%

64%

70%

83%

75%

83%

 

tepat waktu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peningkatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

mahasiswa

50%

65%

90%

65%

97%

70%

98%

 

dengan IPK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

>2,76

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peningkatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

rata - rata

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

masa tunggu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

setelah lulus

≤ 4 bulan

 

≤ 4 bulan

2 bulan

 

≤ 4 bulan

 

1,5 bulan

 

≤ 4 bulan

1,5 bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator

Base

2016

2017

 

 

2018

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

line

 

Taget

Capaian

 

Target

 

Capaian

 

Target

Capaian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pencapaian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

prestasi /

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

reputasi

min

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

mahasiswa

Regional

 

regional

nasional

 

nasional

 

nasional

 

nasional

internasional

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Target capaian yang dicanangkan sesuai dengan Tabel 6 diatas dapat dilampaui dalam setiap tahunnya. Kompetensi yang dicapai dibandingkan dengan yang direncanakan dapat dilakukan dengan membandingkan target capaian di Renstra PS dengan kondisi yang dicapai saat ini. Lulusan PS Arsitektur pada rentang waktu lima tahun terakhir jika dilihat dari nilai IPK rata – rata yang diperoleh mengalami peningkatan sedangkan dari persentase lulusan yang ada pada rentang memuaskan mengalami fluktuasi di dua tahun terakhir. Dari target persentase diatas 2,76 adalah 80% di tahun 2018 sudah dicapai bahkan melampaui yaitu hampir 99%. Pergerakannya ditahun – tahun sebelumnya menunjukkan grafik positif. untuk IPK rata – rata di lima tahun terakhir selalu diatas 3,00 sehingga sudah memenuhi capaian yang diinginkan. Sedangkan masa studi rata – rata untuk tiga tahun terakhir adalah 4,2 tahun dan Untuk detail Data yang dimaksud dapat dilihat pada Tabel 7 dibawah ini :

Tahun

IPK Lulusan Reguler

 

 

Persentase Lulusan Reguler dengan IPK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Min

 

Rata”

Maks

<2.75

 

2.75 – 3.50

>3.50

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2013/2014

2.67

3.01

3.77

12.50%

79.17%

8.33%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2014/2015

2.74

3.21

3.83

2.86%

80.00%

17.14%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2015/2016

2.72

3.14

3.74

9.09%

69.70%

21.21%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2016/2017

2.80

3.26

3.71

2.08%

87.50%

10.42%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2017/2018

2.79

3.27

3.88

0.00%

81.61%

18,3%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

d. Kepuasan lulusan

Penilaian kepuasan lulusan dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada mahasiswa aktif di lingkungan PS. Dalam kuesioner ini ada lima aspek pertanyaan, yaitu

<